Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Gatal Scabies

Mengobati gatal scabies - Scabies ataupun kudis ini terkontaminasi disebabkan tungau biasanya menyerang banyak orang bisa terjadi di pesantren, anggota keluarga ataupun asrama.

Keadaannya dapat dikenal dengan timbulnya rasa gatal dikulit, terjadi dimalam hari diikuti timbulnya ruam, titik bintik merah menyerupai jerawat, lepuhan kecil kemudian kulit bersisik. Maka muncul adanya kutu tungau yang menyusup di kulit menjadi besar. Tungau bersarang di kulit bisa berkembang biak berjumlah jutaan dan menyebabkan gatal scabies ke bagian tubuh lain.


Penyakit gatal kutu scabies berpotensi menular


Kutu scabies adalah kelainan tubuh berpotensi menular ke orang lain, baik secara sentuhan langsung atau tidak secara langsung. 


Penyebab scabies disebabkan kutu tungau memiliki bahasa ilmiah sarcoptes scabei. Tungau ini bergerak lalu membuat terowongan di bawah kulit untuk bersarang . Mereka hidup  menjadi benalu di tubuh manusia.

Resiko gatal scabies menyebar sangat tinggi pada anak dan balita, orang dewasa serta lansia terutama bermukim asrama atau lingkungan padat penduduk. Kelainan gatal scabies lebih mudah terserang pada seseorang mempunyai kekebalan tubuh yang rendah contohnya orang penderita HIV ataupun penderita kanker.


Pengobatan Gatal Scabies 


Cara membunuh tungau, kudis dan kutu scabies dengan cepat

Selain menjauhi penderita scabies, membunuh tungau merupakan alternatif efektif patut dicoba. Berikut cara lengkap mematikan tungau atau kutu scabies di sekitar tempat tinggal anda.

1. Mendatangi ahli pengobatan penyakit scabies disekitar anda
2. Merendam pakaian dengan air panas secara terpisah
3. Selalu membersihkan tangan dengan sabun antibakteri
4. Membersihkan badan dengan cairan khusus scabies
5. Lakukan pembersihan perabotan rumah secara total 


Mengobati gatal scabies dengan autan atau soffel


1. Mandi dengan air hangat 
2. Oleskan autan atau soffel di seluruh tubub kecuali area mata dan mulut 2 kali sehari
3. Bersihkan lingkungan dengan ganti dan cuci sprei, bantal dan kain lainnya dengan air panas
4. Cuci baju menggunakan air panas
5. Ganti handuk, sering jemur dan strika
6. Pel lantai dengan wifol 


Obat Gatal Scabies Di Apotik

1. KALPANAX


Obat gatal scabies Kalpanax ini untuk menyembuhkan kelainan scabies serta kelainan diakibatkan jamur. Adapun kelainan kudis, panu dan scabies dapat diatasi menggunakan Kalpanax. Kalpanax berfungsi menghentikan perkembangan jamur, menyembuhkan infeksi di kulit untuk
membentuk sel jaringan kulit. Obat ini bisa
dipakai 2 hingga 3 kali per hari.

2. Kartokosteroid


Kartikosteroid merupakan krim untuk mengobati gatal scabies dengan membalurkan kortikosteroid di kulit yang terinfeksi. Krim kortikosteroid bekerja mengobati gatal scabies, anti bakteri peradangan serta anti alegi agar dapat menghilangkan rasa gatal pada bagian area kulit  berwarna kemerahan. Krim kartokosteroid ini bisa memberikan rasa efek dingin dikulit agar mampu meminimalisir rasa gatal.

3. Antihistamin


Antihistamin adalah cara menyembuhkan gatal scabies dan memberi kesembuhan pada gatal kulit serta obat antibiotik, antijamur bisa diberikan pada penderia kelainan kulit.

4. De Nature


Penyembuhan ini bisa dari dalam dan luar kulit bisa mengobati gatal pada kulit dan mengobati gatal scabies yang sering kambuh atau sudah parah sekalipun. Kapsul ini membersihkan aliran darah dari bakteri atau virus yang ada dalam tubuh serta menambah daya ketahanan tubuh.Dengan menggunakan obat ini bisa memberi jaminan anti gatal kulit hilang dan sembuh secara total.


Scabimite Permetrin krim 5%


Permethrin ini merupakan suatu obat yang digunakan untuk mengobati gatal scabies atau membasmi parasit sarkoptes scabies yaitu penyebab infeksi pada kulit. Sediaan farmasi treatment cream ini merupakan sediaan farmasi yang berbentuk cream yang digunakan pada bagian luar tubuh.

Permethrin ini merupakan piretroid dan neurotoxin sintetis? cara kerja dari permethrin yaitu dengan mengganggu kanal natrium yang ada di membran saraf sehingga menyebabkan paralisis atau pecah sehingga menyebabkan kematian pada parasit sarcoptes scabiei.

Cara menggunakan obat scabimite permethrin

1. Oleskan secara tipis permethrin cream ini ke seluruh bagian tubuh dari mulai leher dari sela-sela telapak kaki termasuk di sela-sela jari. Pada saat melakukan pengolesan permethrin krim ini sebaiknya gunakan atau lakukan pijatan lembut pada saat mengoleskan. 

Hal tersebut bergunanya untuk masuknya sediaan obat Pharmaton kedalam terowongan yang dibuat oleh sarcoptes betina. Hindari kontak obat ini dengan mata atau mulut dan organ vital lainnya.


2.  Setelah mengolesi obat ini mungkin akan terasa gatal dan usahakan tidak terkena air selama minimal 8 jam. Lakukan pengobatan selama 7 hari atau lebih apabila kutu tungau masih ada maka dapat fiulangi pengobatannya kembali.

Efek samping penggunaan Scabimite Cream

- Kulit akan akan terjadi rasa terbakar untuk sementara waktu
- Memiliki reaksi alergi 


Area kulit paling terdampak gatal scabies


1. Antara kedua jari tangan
2. Bagian kuku
3. Pada ketiak
4. Area pinggang
5. Sekita pergelangan tangan
6. Pad siku
7. Sekitar telapak tangan
8. Kulit leher
9. Wilayah telapak kaki
10. Sekitar area payudara
11. Alat kelamin pria
12. Kulit Pantat
13. Lutut kaki
14. Bagian tulang belikat
15. Area kulit ditutupi kain


Cara Mengobati Gatal Scabies Secara Alami

1. Menggunakan Air panas 


Air yang sudah dimasak mendidih  ini tidak disiram ke kulit secara langsung namun untuk melenyapkan tungau yang tersisa di pakaian, tempat alas tidur, kain selimut ataupun ditempat lainnya. Perlengkapan tersebut direbus ataupun direndam dengan air yang sudah mendidih sehingga kita yakin kutu scabies mati kepanasan.

2. Menggunakan lidah buaya 


Lidah buaya dioleskan pada kulit yang terinfeksi tungau untuk mengurangi rasa gatal, bintik-bintik  kemerahan. Lidah buaya mampu mengobati gatal scabies yang menimbulkan rasa gatal di permukaan kulit akibat tungau.

3. Trea tea oil ataupun minyak cengkeh


Minyak cengkeh ini digunakan juga untuk mengobati gatal scabies. Bahan natural ini mempunyai efek antiradang sehingga meminimalisir peradangan dikulit yang terinfeksi kemudian memberi kesembuha  pada luka disebabkan infeksi serta melenyapkan bakteri.

Memang Trea tea oil ini merupakan bahan natural yang bisa digunakan mengobati gatal scabies.

4. Bahan daun mimba


Daun tumbuhan mimba juga berkhasiat dalam mengobati gatal scabies. Dalam daun mimba ini mempunyai efek anti inflamasi, meminimalisir peradangan supaya kulit tidak meredang, antibakteri melenyapkan bakteri, melenyapkan rasa gatal pada kulit terinfeksi dan melenyapkan rasa nyeri.

Pengunaan daun mima ini yaitu menggunakan ekstrak daun mimba lalu diolesi langsung atau mau dicampur dengan sabun.

5. Kunyit


Kunyit bisa mengobati gatal scabies dengan cara mengkonsumsi ekstrak kunyit nya. Didalam kunyit memiliki zat antiperadangan, antibakteri dan juga anti jamur.  Penderita scabies bisa mengkombinasikan dengan bahan alami lain.

6. Minyak cengkeh


Minyak cengkeh ini ada sifat insecticidal, antimikroba, antijamur, antioksidan sehingga bisa melakukan penyembuhan dalam arti membantu penyembuhan.

Kemudian yang perlu diketahui dalam pengobatan alami tradisional yaitu tiap orang bisa memiliki efek yang berbeda-beda. Perlu diingat dalam mengobati gatal scabies ini tidak mungkin sembuh dalam semalam sehingga disarankan menggunakannya itu 3-4 hari saja.

Apabila penderita gatal scabies ini sudah menggunakan bahan-bahan alami tersebut tetapi belum ada tanda-tanda kesembuban maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter.


Q & A - Cara Mengobati Gatal Scabies

Scabies dilarang makan apa?


Hal-hal yang menjadi larangan pasien scabies adalah menghindari memakan makanan penyebab gangguan sistem kekebalan badan contohnya makanan mengandung lemak jenuh, garam yang tinggi, rendah gizi serta gula.

Berapa lama penderita scabies sembuh?


Waktu yang dibutuhkan oleh penderita scabies untuk mendapatkan kesembuhan secara total adalah sekitar 4 minggu, tergantung pengobatan dan anjuran dokter.


Mengapa rasa gatal scabies lebih terasa pada malam hari?



Tungau penyebab gatal scabies hidup dilapisan bagian bawah kulit dan tungau tersebut aktif membuat lubang-lubang sangat kecil di lapisan bagian bawah kulit saat di malam hari sehingga penderita scabies mengalami rasa gatal teramat sangat.

Apa nama salep untuk penyakit scabies?


SCABIMITE CREAM merupakan obat berjenis topikal memiliki kandungan Permethrin yang dipakai menyembuhkan infeksi pada kulit skabies diakibatkan Tungau (mite). Permethrin adalah obat jenis Pyrethrin berfungsi menghancurkan tungau bersamaan dengan telurnya.


Apakah ada salep scabies di apotik?


Menyembuhkan scabies (kudis) di apotek yaitu salep belerang serta bermacam obat bisa didapatkan melalui resep medis untuk melenyapkan tungau pemicu gatal scabies atau kudis.

Scabies minum obat apa?


Penyembuhan dilakukan berupa obat minum (oral) biasanya diberikan agar meminimalisir rasa gatal penderita scabies, contohnya menggunakan cetirine, chlorpheniramine maleat, dan loratadine. Obat minum lainnya bisa diberikan oleh dokter apabila dibutuhkan, hal tersebut dapat dilihat dari keadaan penderita  scabies seperti antibiotika, obat nyeri dan lain.


Apakah mandi air hangat bisa menghilangkan scabies?



Mandi dengan air panas tidak mampu menyembuhkan scabies namun dapat mengurangi sedikit rasa gatal maka perlu dilakukan pengobatan lainnya untuk scabies. 

Apakah penyakit scabies bisa sembuh total?


Penyakit scabies bersifat menular dan akan susah sembuh secara total apabila tanpa mengobatan yang tepat. Telur tungau penyebab scabies ini sangatlah cepat menetas sehingga penyebaran di daerah tubuh lainnya tinggi. Namun, segera lakukan tindakan pencegahan serta pengobatan baik itu secara alami atau bantuan medis.

Penyakit scabies berbahaya apa tidak?


Kelainan kulit ini bisa dibilang tidak terlalu membahayakan sebab hanya pada bagian anggota tubuh bagian luar saja yang berdampak tetapi scabies bisa membuat penderita merasakan gatal yang cukup mengganggu.

Apa tanda scabies akan sembuh?


Tanda kesembuhan penyakit scabies ini seperti lenyapnya rasa gatal dibagian kulit, lenyapnya bintl-bintil merah pada kulit serta kulit kembali normal sedia kala.

Bagaimana cara menghilang scabies?



Cara sederhana menghilangkan penyakit scabies di kulit sebagai berikut:

1. Balurkan pada kulit dengan cairan lidah biaya
2. Pakai minyak mentol
3. Basuh dengan cuka apel
4. Jauhkan kulit dari kering dan usahakan lembab
5. Melindungi kulit dari penyebab iritasi
6. Memanfaatkan pengobatan secara alami maupun medis

Scabies muncul karena apa?


Pemicu gatal scabies yaitu berupa tungau atau seranggga kecil menyerang kulit bagian bawah. Tungau tersebut kebanyakan menyebar dari penderita scabies melalui pakaian, bantal atau media lainnya. Tungau sebagai penyebab kudis atau scabies masuk melalui rongga kulit sehingga membuat lubang kecil untuk menyimpan telur.

Bagaimana jika scabies tidak diobati?


Scabies maupun kudis ini merupakan 
penyakit kulit diakibatkan oleh serangga kecil atau tungau dikenal sebagai Sarcoptes scaniei. Penyakit tersebut bisa berpindah pada anak-anak kemudian mengakibatkan gatal-gatal dan luka. Apabila terlalu lama dibiarkan maka kutu tungau akan mengakibatkan kulit menjadi ruam sepanjang belum diobati.

Apakah boleh scabies digaruk?



Kendati sudah diobati namun rasa gatal kudis atau scabies akan sedikit terasa. Apabila rasa gatal dari penyakit scabies digaruk maka akan mengakibatkan bintik-bintik merah scabies menyebar ke anggota tubuh lainnya. Maka disarankan untuk mencegah dari mengaruk kulit penyakit scabies agar tidak bertambah fatal.


Apakah garam bisa mengobati scabies?


Bahan dapur garam ini belum pasti secara ilmiah dapat menyembuhkan penyakit scabies, bahkan pemakain garam dapat mengakibatkan gejala penyakit kulit lainnya. Gatal yang dahsyat karena scabies atau kudis dapat menggerakkan tangan untuk menggaruk secara tidak sadar sehingga kulit manjadi lebib ruam dan bahkan terluka.

Daun apa yang bisa menyembuhkan scabies?


Menyembuhkan Skabies  bisa menggunakan daun Gamal.

Apakah scabies mati dengan sabun?



Namun ada yang mengatakan sabun jenis JF Sulfur bisa menyembuhkan scabies, saat ini belum terbukti secara medis namun sabun dapat membersihkan tubuh agar tetap sehat dan bersih. 


Berapa lama kutu scabies mati?


Kutu scabies bisa hidup selama 17 hari di suhu dingin dan lembab agar kutu scabies cepat mati maka pakaian, alat mandi serta perangkat tidur direndam dengan air panas lalu dijemur dan disetrika supaya kutu cepat mati. 


Apakah scabies bisa bernanah?


Biasanya pada malam hari gatal scabies sangat mengganggu sehingga tanpa sadar penderita menggaruk hingga terluka kemudian menimbulkan infeksi bakteri dan bernanah. Maka perlu disadari untuk tidak menggaruk dengan kuku atau benda keras lainnya agar terjauh dari luka.


Apakah penyakit scabies bisa kambuh lagi?


Kadang gatal scabies dapat kambuh kembali apabila faktor-faktor penyebab penularan tidak diperhatikan seperti tidak menjaga kebersihan dan sebagainya maka perlu dilakukan pencegahan yang intensif agar penyakit scabies  tidak kembuh kembali.


Seperti apa gatal scabies?


Penderita scabies akan merasakan gatal teramat sangat terutama pada malam hari dengan disertai tanda bintik-bintik merah atau ruam pada kulit scabies. Adanya ruam di kulit bisa di prediksi bahwa terdapat tungau atau kutu scabies hidup di bawah kulit.


Apakah kunyit bisa membunuh scabies?


Orang dahulu biasanya menggunakan kunyit sebagai pengobatan tradisioanl untuk mengobati gangguan gatal pada kulit terutama gatal scabies. Namun sebaiknya tidak menafikkan pengobatan secara medis sebab kunyit  hanya sebagai pengobatan rumahan yang patut dicoba.


Berapa lama tungau scabies hidup dikasur?


Kutu tungau bisa hidup sekitar lingkungan manuasia selama 14 sampai 17 hari di suhu lembab 12 C. Telur dapat hidup didalam kulit manusia selama 30 hari dan menghasilkan telur 2 sampai 3 butir dalam sehari dan menetas dalam 3 sampai 4 hari.


Bolehkah memecahkan scabies?


Sangat perlu diperhatikan bagi penderita scabies untuk tidak sembarang menggaruk, mengelupas dan memecahkan atau mengoleskan obat ke kulit scabies tanpa petunjuk dokter. Apabila bintik scabies  telah pecah maka segera bersihkan dengan tisu kering dan ditekan agar cairannya bersih.



Post a Comment for "Cara Mengobati Gatal Scabies"